Senin, 29 April 2013

Cara Menginstal (memasang) plugin di wordpress

Tutorial wordpress Blog - Sambil belajar blog wordpresCara Menginstal (memasang) plugin di wordpresss saya tuliskan beberapa dasar penting yang mungkin belum diketahui para bloggers platform wordpress *self hosted. Kali ini tentang Bagaimana Cara Menginstal / memasang Plugin pada wordpress? Tujuannya adalah dengan plugin kita akan sangat dimudahkan dalam membangun komponen-komponen blog yang lengkap dan sempurna.

Mungkin bagi yang sudah lama ngeblog wordpress, ini tentunya menjadi basi. Jadi tutorial menginstal plugin ini adalah khusus pemula saja yang ingin menginstal plugin wordpress terbaik untuk dipasangkan diblognya.

Ini adalah cara termudah untuk menginstal plugin WordPress. Satu-satunya opsi ini adalah bahwa plugin harus dalam direktori plugin WordPress. Hanya plugin gratis yang mengikuti GPL dan semua pedoman WordPress berada di direktori ini.


Memasang (Instal) Plugin wordpress



Pertama pergi ke Panel Admin WordPress Anda dan klik Plugins »Add New/Tambah Baru











plugin di wordpress
Plugin > Tambah Baru


Selanjutnya, Anda akan melihat layar seperti yang ada di gambar di atas. Ketik nama plugin. Kemudian Anda akan melihat daftar plugin yang tersedia (plugin list) seperti contoh di bawah ini:











Menginstal Plugin
Pilih Plugin > Instal


Silakan pilih plugin yang terbaik untuk pasang. Sebagai contoh dalah hal ini saya akan mencari plugin Sitemap Google XML yang tampil pada halaman pertama (lihat gambar diatas), Lalu kita akan klik link Install Plugin. Maka akan muncul jendela pop-up dengan informasi plugin seperti contoh di bawah ini:










Cara Mengisntal (memasang) plugin
Aktifkan Plugin

Nah, anda akan melihat deskripsi, metode dan cara instalasi, dan informasi terkait lainnya tentang plugin. Jika ini adalah plugin yang Anda inginkan, kemudian klik pada tombol Install Now yang berwarna merah. Setelah Anda mengklik tombol itu, plugin akan diinstal, dan Anda akan melihat seperti di bawah ini:










Mengaktifkan Plugin wordpress
Mengaktifkan Plugin wordpress


Terakir adalah anda jangan lupa untuk klik Aktifkan plugin, sekarang Anda telah menginstal plugin WordPress. Seterusnya hanyalah tinggal mengkonfigurasi pengaturan pluginnya sesuai dengan kebutuhan anda. Pengaturan ini akan berbeda pada setiap plugin, oleh karena itu tidak bisa menjelaskannya pada halaman ini.


Nah, Pertanyaannya adalah : Bagaimana jika plugin wordpress yang anda inginkan tidak tersedia didashbord? maka alternatifnya adalah dengan meng-uploadnya secara manual ke direktori file hosting anda. Berikut Tutorialnya:


Cara Meng-upload file plugin wordpress secara manual




Jika plugin yang Anda inginkan tidak ada di direktori Plugin WordPress mungkin dikarenakan oleh beberapa alasan baik karena itu sebuah plugin dibayar, atau sebuah plugin non-GPL, maka pilihan ini adalah pilihan untuk pemula.


Pertama, Anda akan perlu untuk men-download plugin dari sumber (yang akan menjadi file zip), kemudian pergi ke panel admin WordPress Anda. Klik pada Plugin »Add New. Kemudian klik pada Tab Upload.











Upload Plugin
Upload Plugin


Seperti tampilan gambar di atas. Browse file dan meng-upload (zip file plugin saja). Anda akan dibawa ke halaman plugin mengaktifkan seperti gambar berikut:











Upload Plugin Wordpress
Upload Plugin Wordpress manual


Demikianlah tutorial sederhana seputar Cara Menginstal (memasang) plugin di wordpress baik secara otomatis maupun manual plugin upload. Semoga panduan bisa membantu. Karena WordPress terus berkembang, kami akan mencoba sebaik mungkin untuk menjaga panduan ini up to date. Jika Anda melihat bahwa ada sesuatu yang beda tentang hal penginstalan plugin ini, maka dengan segera memberitahu kami. Terima kasih ... salam

======================================

Sumber : http://blog.fispol.com/2013/03/Cara-menginstal-plugin-wordpress.html

1 komentar:

Page not found | Blog Daruttaklim mengatakan...

[...] Cara Menginstal (memasang) plugin di wordpress [...]

Posting Komentar