Minggu, 28 Oktober 2012

RPP dan Silabus Berkarakter untuk MTs

contoh RPP Berkarakter Mapel Bahasa Inggris


Model  RPP ini saya dapatkan ketika saya PLPG di LPMP Mataram Tahun 2011.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama sekolah                      : MTs NW Peseng

Mata pelajaran                    : Bahasa Inggris

Kelas/semester                     : IX/2

Alokasi waktu                     : 50 Menit

A. Standar kompetensi       :

Membaca

11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

Berbicara

10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan  procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

B. Kompetensi Dasar

Membaca

11.2  Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/procedure

Berbicara

10.2 Mengungkapkan makna dalam  monolog pendek sangat sederhana  dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure

C. Indikator                                         :

I. Kognitif

A. Produk

- Mampu menjodohkan teks dengan gambar dengan pasangan benar

- Mampu mendeskripsikan isi teks  dengan bahasa sendiri

- Mampu bertanya jawab tentang ciri-ciri fisik seseorang

B. Proses

- Mampu mengidentifikasi gambar yang dilihat dengan baik

- Mampu mengidentifikasi ciri-ciri fisik orang yang dilihat pada gambar

- Mampu mengekspresikan kalimat yang digunakan untuk mendeskripsikan ciri-ciri fisik seseorang

II. Affective (mengembasngkan perilaku sosial dan berkarakter)

o    Mampu mengekspresikan sikap atau perasaannya terhadap kejadian yang ada

o    Mampu memberikan respon terhadap ekspresi sikap dan perasaan seseorang

III. Psikomotor (penggunaan ICT)

Mampu mengunakan ICT sebagai sarana untuk:

-       mengemukakan/ melaporkan hasil kegiatan yang telah dilakukan  

D. Tujuan pembelajaran   :

I. Kognitif

a. Produk:

  • Diberikan teks yang mendeskripsikan tentang Ustd. Jefri Al-Bukhari (C), siswa  (A) mampu menceritakan kembali (B)  ciri-ciri fisik Ust. Jefri Al-Bukhari dengan baik dan benar (D)

  • Diberikan contoh dialog tentang ungkapan yang digunakan untuk mendeskripsikan ciri-ciri fisik seseorang siswa mampu menggunakannya dengan pasangannya dengan baik dan benar.


b. Proses:

  • Diberikan gambar dengan teks siswa mampu menjodohkannya dengan tepat.

  • Diberikan teks tentang Ust. Jefri Al-Bukhari, siswa mampu menyebutkan secara spesifik tentang ciri-ciri fisik gambar, termasuk asal dan pakaian  yang sering ia gunakan

  • Dipertunjukkan kalimat yang digunakan untuk mendeskripsikan ciri-ciri fisik seseorang siswa mampu mengucapkannya dengan baik


II. Affective (mengembasngkan perilaku sosial dan berkarakter)

  • Terlibat dalam keseluruhan proses belajar mengajar dan dengan diberikan sebuah cerita tentang chipmunk, siswa:




    • Mampu  mengambil nilai positif dari  kejadian yang dialami oleh tokoh cerita dengan

    • Mampu memberikan respon terhadap ekspresi sikap dan perasaan seseorang dengan sopan



III. Psikomotor (Penggunaan ICT)

  • Ditugaskan untuk menulis pada blog, siswa mampu menggunakan ICT sebagai sarana untuk


o  mengemukakan/ melaporkan hasil diskusi dengan baik

o  memberikan komentar dan respon terhadap tulisan sesorang dengan sopan

E. Materi pembelajaran     :

Deskriptive  text : Ust. Jefri Al-Bukhari

F. Model Pembelajaran      :

  • Model Pembelajaran          :  Cooperative learning

    • Pendekatan/Metode/Teknik Pembelajaran




o    Communicative  Approach

o    Matching sentences and pictures

o    Presentation

o    Role play

G. Langkah-langkah pembelajaran













TAHAPLANGKAH-LANGKAH/PROSEDURWAKTU
A. Kegiatan Pendahuluan

  • Guru menunjukkan berbagai gambar dan bertanya “How is she/he?. Tall or short, he’s got straight hair or curely hair. Long hair or short hair. He’s tall or short. Thin, or fat dll.

  • Guru menyampaikan bahwa mereka akan mempelajari tentang ciri-ciri seseorang


10 menit

B. Kegiatan Inti

  • Murid bekerja berpasangan. Tiap pasangan menjodohkan kata-kata dengan gambar

  • Periksa jawaban bersama-sama

  • Guru meminta perhatian pada gambar. Beritahu bahwa 2 gambar yang bersebelahan adalah antonim/lawan kata


Contoh  : curely hair >< straight hair

  • Informasikan kepada murid bahwa mereka akan membaca teks tentang Jefri Al-Bukhori.

  • Murid bekerja berpasangan untuk menjawab pertanyaan.

  • Periksa jawaban bersama

  • Pada kegiatan ini murid berlatih secara lisan untuk mendeskripsikan salah seorang artis yang terkenal.

  • Beri mereka contoh. Guru menggambarkan salah seorang yang ada di kelas dan mintalah pada murid untuk menebak siapa yang digambarkan

  • Murid bekerja berpsangan kembali. Beri mereka waktu untuk memikirkan siapa yang akan mereka gambarkan dan bagaimana mereka akan melakukannya.

  • Murid menggambarkan salah seorang artis dan temannya menabaknya.


5 menit

10 menit

20 menit

C. Kegiatan Penutup

  • Menanyakan kesulitan belajar siswa

  • Menyimpulkan kegiatan pembelajaran


5 menit

H. Sumber bahan/alat : Islamic resource pack

I . Penilaian

  1. Teknik                           : tes tulis, unjuk kerja

  2. Bentuk                           : esay, observasi

  3. Contoh instrumen       :


Who is Uje?

Mengetahui :                                                                                                                Peseng,...........................  2012

Kepala Sekolah                                                                                                              Guru Mata Pelajaran

   M. HANAFI                                                                                                                      ABDUL HANAN, S.S

NIP.

Silahkan download contoh RPP dan Silabus berkarakter yang lain

di sini

RPP kelas I deskriptif

RPP kelas I deskriptif2

RPP 1 narative MASTUR

Silabus kelas I deskriptif

Silabus kelas III narative

Silabus kelas III procedure

0 komentar:

Posting Komentar