Rabu, 24 Oktober 2012

kf di desa wajageseng

Pembelajaran Keaksaraan Fungsional


(KF) Dasar  di Desa Wajageseng



Pelaksanaan Pembelajaran Keaksaraan Fungsional (KF) Dasar di Desa Wajageseng pada tahun ini telah dilaksanakan dengan baik. Pada tahun ini PKBM daruttaklim selaku penyelenggara melaksanakan program tersebut di 18 Dusun, yaitu Dusun Pertanian, Talun Ambon, Bual, Rabuli, Nyeredep, Bare Eleh, Ramus, Ld. Pengkores, Ld. Telaga, Wajageseng, Lingkung, Sumbek, Peseng, Lk, Godak, Dasan Baru, Eyat Nyiur, Kwangrase, dan Repok Bijang.


Sementara di Desa Wajageseng  warga buta aksaran menurut catatan desa terdapat 1337 warga buta aksara. Pada tahun 2011 telah dibelajarkan oleh PKBM Daruttaklim   sebayank 520 orang atau 26 kelompok dan pada tahun 2012 ini yang dapat dibelajarkan sebanyak 680 orang atau 34 kelompok warga belajar. jadi sisa yang belum dibelejarkan sebanyak 137 orang, pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan model inova kreatif atau dengan model 32 hari pertemuan.


Antusiasme masyarakat dalam mengikuti program keaksaraan sangat baik, ini terbukti dengan kehadiran warga belajar yang rutin setiap hari. Walaupun banyak kendala yang dihadapi warga ketika mengikuti pembelajaran namun semua bisa teratasi, di antara kendala yang dihadapi warga adalah kesibukan setiap hari dalam mencari nafkah untuk keluarga. Kendala ini bisa teraatasi dengan memberikan keluasan bagi warga belajar untuk menentukan sendiri waktu belajar mereka.

PKBM Daruttaklim selaku penyelenggara program Keaksaraan Fungsional (KF) Dasar di Desa Wajageseng mengontrol dan meninjau secara langsung   kegiatan pembelajaran di semua kelompok  dan memberikan motivasi kepada semua tutor dan warga untuk mengikuti dan melaksanakan program keaksaraan dengan baik dan sungguh-sungguh.

2 komentar:

Ruronni mengatakan...

GOOO!!!!! PKBM Daruttaklim...

Me mengatakan...

as salam. Saya mohon bantuan kawan2 yg berasal dari dusun talun ambon desa aik bual, saya mau mencari keluarga sahabat saya didesa tersebut, bagi yang bresal dari sana, tolong sms saya di hp 085363972294. terimakasih

Posting Komentar