Rabu, 28 November 2012

Istigfar Yang Paling Utama

Istighfar yang Paling Utama


 

Istighfar yang Paling Utama

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

.

Ya Allah, Engkau adalah Rabbku. Tiada Ilah yang haq melainkan Engkau. Engkau telah menciptakanku, aku adalah hamba-Mu, aku di atas perjanjian-Mu sesuai kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan amalanku. Aku mengakui nikmat-nikmat-Mu yang Engkau anugerahkan kepadaku, aku mengakui dosa-dosaku. Ampunilah aku karena sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosaku melainkan Engkau.”

Barangsiapa membacanya di waktu siang dalam keadaan meyakini maknanya kemudian ia meninggal pada hari itu sebelum petang maka ia termasuk penduduk surga. Dan barangsiapa membacanya di waktu malam dalam keadaan meyakini maknanya kemudian ia meninggal sebelum masuk waktu subuh maka ia termasuk penduduk surga.” (HR. Al-Bukhari dari sahabat Syaddad ibnu Aus radhiyallahu ‘anhu)

Sumber : http://asysyariah.com penulis: Oleh Ust. Abu Muhammad Abdul Jabbar judul: Istighfar yang Paling Utama
read more

Selasa, 27 November 2012

Cara Install Windows 7 Dengan Flashdisk

Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk. Mungkin sobat sudah tidak asing lagi mendengarkan perkataan orang mengenai Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk. Namun sobat tidak mengetahui bagaimana caranya atau mungkin sobat tidak mau tau, yang penting laptop atai netbook sobat sudah terinstal OS nya.

Perlu sobat ketahui, ilmu itu sangat mahal lho, emang bener kan. Nah, tentunya sobat khususnya bagi yang mempunyai netbook atau laptop, ada baiknya mengetahui Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk. Ini sangat penting, mengingat biaya yang kita keluarkan jika OS kita rusak, padahal hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk menginstal OS pada sebuah netbook atau laptop, tergantung dari spek komputer.

 

Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

 


Cara ini sebenarnya digunakan untuk netbook yang tidak memiliki CD atau DVD-ROOM, namun penggunaan dari flashdisk ini jauh lebih mudah dan mampu mengurangi resiko kegagalan dalam proses penginstalan. Meskipun pada PC kita telah terdapat DVD-ROOM, tidak ada salahnya kita menggunakan Flshdisk untuk penginstalan karena selain lebih mudah dan simple, resiko kegagalan juga bisa kita minimalisirkan.

Namun, sebelumnya saya akan menjelaskan secara singkat kelebihan dan kekurangan dari windows 7 :
Kelebihan :

  1. Proses boot/shut down lebih cepat

  2. Konsumsi daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan system service lebih sedikit

  3. Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD

  4. Tampilan Lebih bagus dari segi 3 demensinya yang menonjol

  5. Fitur sekurity yang benar-benar ketat.


Kelemahan / Kekurangan :

  1. Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di Windows 7

  2. Bug pada Windows Player 12

  3. Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di Windows 7

  4. Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di Vista, juga dipasang di Windows XP


Nah, jika sobat telah mengetahui segala sesuatunya, maka kita lanjutkan ke tahap penginstalan OS Windows 7.

Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah Download : Tool Install Windows 7 Via Flashdisk
Berikutnya yang diperlukan untuk proses Install Windows 7 via Flashdisk diantaranya :

  1. FlashDisk dengan kapasitas minimal 4 GB tergantung windows 7 yang Anda gunakan.

  2. Master Windows 7

  3. Software WinToFlash.

  4. DVD ROOM sebagai media pengkopian master Windows 7. [not optimal]


Selanjutnya, proses pembuatan Bootable Windows 7 USB Drive dapat dimulai dengan step sebagai berikut :

  1. Masukkanlah DVD Windows 7

  2. Buka WinToFlash Windows 7.rar dan klik 2x pada file WinToFlash.exe

  3. Selanjutnya akan keluar tampilan seperti dibawah ini dan klik Terima




  1. Pada tampilan dibawah ini silahkan klik tanda tombol "Ceklis" Windows setup wizart transver




  1. Pada tampilan dibawah ini silahkan klik tombol "Berikutnya »"




  1. Pada tampilan dibawah ini, ada dua pilihan :

    • Pada Windows file path silahkan pilih sumber OS Windows 7

    • Pada USB drive silahkan pilih FlashDisk yang akan digunakan untuk instalasi OS Windows 7



  2. Setelah itu klik tombol "Berikutnya »"




  1. Selanjutnya pilih menerima syarat dan klik lanjutkan.

  2. Jika ada peringatan untuk melakukan format FlashDisk dan klik Ok




  1. WinToFlash akan mentransfer file instalasi windows ke FlashDisk dan proses ini memang agak lama jadi harus sabar menantinya. Setelah proses transfer selesai klik tombol Berikutnya dan Keluar



Tahap awal untuk membuat Bootable Windows 7 USB Drive telah kita lakukan, selanjutnya kita akan melakukan instalasi Windows 7 dengan Flashdisk sebagai perangkatnya.

Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk

  1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan adalah pastikan dari BIOS booting komputer sobat di setting untuk 1st Boot Device pilihannya adalah Removable Dev. atau USB. Drive. Caranya, saat komputer telah kita restart dan akan hidup kembali, secepatnya tekan tombol Delete dan pada tab Startup pilihlah 1st Boot Device menjadi Removable Dev. atau USB. Drive. Setelah itu tekan tombol F10 untuk menyimpan dan keluar. Tidak semua PC atau Netbook harus melakukan setting seperti ini. Kebanyakan Netbook sekarang sudah otomatis bisa Boot USB jika kita colokkan.

  2. Selanjutnya tekan sembarang tombol agar booting usb.

  3. Selanjutnya akan terlihat gambar seperti dibawah ini:



  1. Pilihlah Indonesian pada Language, time, currency, and location



  1. Tekan tombol Install Now



  1. Tunggulah beberapa saat proses ini.



  1. Centang pada I accept the license terms sebagai persetujuan penggunaan windows 7 kemudian klik Next



  1. Pilih saja Custom (advanced) untuk memilih di drive mana windows 7 akan di install



  1. Sobat bisa mengatur drive sekaligus partisi pada step ini, saya sarankan bagilah hardisk sobat minimal 2 drive, satu untuk drive untuk windows 7 (C) dan satu drive untuk data (D) dengan memilih drive option, atau langsung saja tekan next dengan asumsi sobat akan mempartisi hardisk setelah instalasi windows 7 selesai.



  1. Tunggulah hingga proses ini selesai



  1. Secara otomatis windows akan restart.



  1. Setelah restart akan muncul gambar berikut ini.



  1. Tunggulah proses Setting up the services hanya beberapa saat saja.



  1. Instalasi akan dilanjutkan secara otomatis.



  1. Masukkan Nama User dan Nama Komputer sesuka sobat.



  1. Jika perlu password ketikkan passtwordnya 2 kali atau kosongkan saja jika sobat tidak ingin mempassword user sobat.



  1. Masukkan product key serial number windows 7 sobat atau kosongkan untuk aktivasi setelah selesai instalasi dan hapus ceklisnya.



  1. Pilihlah level proteksi keamanan dari Microsoft.



  1. Atur Zona waktu sobat (untuk Indonesia +7 dari GMT).



  1. Atur jenis jaringan yang sobat gunakan. (Jika terhubung dengan internet)



  1. Tunggulah beberapa saat untuk menyiapkan konfigurasi yang telah sobat atur.



  1. Selamat, windows 7 sobat siap digunakan.


Semoga tutorial singkat mengenai Cara Install Windows 7 dengan Flashdisk ini bermanfaat buat sobat pembaca. Sumber tips-komputer.com
Source » http://www.wakrizki.net/2012/03/cara-install-windows-7-dengan-flashdisk.html#ixzz2BvKdFchf
read more

Minggu, 25 November 2012

SOSIALILASI APLIKASI NILEM PKBM


Acara sosialasi aplikasi NILEM PKBM yang merupakan system baru dalam memperoleh NILEM PKBM diadakan di Aula Kantor Dikpora Kabupaten Lombok Tengah pada hari Ahad, 25 Nopember 2012 pukul 10.40 -12.30 WITA. Walaupun acara tersbut tidak begitu formal tetapi dihadiri oleh 39 perwakilan dari  Lembaga PKBM se-Kabupaten Lombok Tengah dengan narasumber dari Ditbindikmas pusat Bapak Januar Benthoni dan Sano Hartono.


Acara tersebut diadakan atas dasar inisiatif dari Bapak Kabid PNFPO Drs. Abdul Khalik Ibrahim, M.Pd karena melihat masih banyak lembaga yang belum memahami cara memperoleh NILEM PKBM. Lebih lanjut Bapak Kabid PNFPO mengatakan bahwa kedatangan Bapak Sano dan Bentho adalah dalam rangkan validasi data bagi lembaga yang sudah keluar NILEMnya dan seharusnya sudah pulang pada pagi harinya. Namun karena permintaan bari Bapak Kabid PNFPO maka beliau bersedia membatalkan kepulangannya untuk mengisi acara tersebut.


Dalam penjelasannya Bapak Bentho mengatakan bahwa mulai tahun 2012 ini proses mendapatkan NILEM bagi lembaga berbeda dengan proses pada tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini lembaga PKBM bias dengan mudah mendapatkan NILEM dengan cara mengakses di http://paudni.kemdiknas.go.id/dikmas/nilem-pkbm/ dan mengisi data lembaga secara mandiri. Seteleh mengisi data dan mencetak lembar verifikasi maka lembaga mengantar lembaga verifikasi tersebut ke Dinas Kabupaten setelah dinyatakan lolos maka lembar verifikasi diantar ke Dinas Dikpora Provinsi dan Dinas Provinsi menerbitkan NILEM.


read more

Kamis, 22 November 2012

NUPTK GURU LOMBOK TENGAH

NUPTK: Daftar, Cari dan Print Data NUPTK



Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau kerap disingkat dengan NUPTK adalah sederatan angka yang berfungsi sebagai identitas seorang pendidik maupun tenaga kependidikan. NUPTK bersifat nasional dan berlaku untuk seluruh daerah di Indonesia, tidak akan berubah meskipun pemilik NUPTK berpindah tugas. Tenaga pendidik dan kependidikan yang sudah memiliki NUPTK berarti telah diakui oleh Kementerian Pendidikan Nasional sebagai tenaga pedidik dan kependidikan terdaftar.

Adapun manfaat utama NUPTK untuk tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan adalah:

  • Berpartisipasi dalam sebuah proses/mekanisme pendataan secara nasional sehingga dapat membantu pemerintah dalam merencanakan berbagai program peningkatan kesejahteraan bagi tenaga pendidik.

  • Mendapatkan nomor identifikasi resmi dan bersifat resmi dan bersifat nasional dalam mengikuti berbagai program/kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat/daerah.


Logo NUPTK

Cara Daftar / Pengajuan Permohonan NUPTK


Apabila Anda sebagai tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan baik yang sudah PNS maupun yang belum PNS namun BELUM MEMILIKI NUPTK, hendaklah segera melakukan permohonan pengajuan NUPTK dengan cara mengunjungi Dinas Pendidikan Kab./Kota terdekat dan menemui petugas NUPTK dengan membawa berkas NUPTK yang telah disahkan oleh pihak sekolah.

Apabila pihak sekolah tidak memiliki format data usulan NUTPK, hendaklah segera meminta Format usulan NUPTK kepada operator NUPTK di Dinas Pendidikan Kab./Kota terdekat. Biasanya proses pengajuan ini memakan waktu sampai 3 bulan sampai NUPTK yang Anda usulkan tersebut keluar.

Cara Melihat, Mengetahui dan Mencari Data NUPTK Terbaru


Untuk melihat apakah data NUPTK yang anda ajukan tersebut sudah keluar atau belum, anda dapat mengeceknya dengan mengikuti langkah sebagai berikut:

  1. Kunjungi http://nuptk.kemdikbud.go.id/

  2. Pilih Penelusuran

  3. Pilih Sekolah (untuk melihat data NUPTK berdasarkan tempat tugas)

  4. Pilih Provinsi

  5. Pilih Kota/Kabupaten

  6. Pilih Jenis Instansi

  7. Pilih Jenjang Sekolah

  8. Tulis Nama Sekolah (Jika Nama Sekolah Anda tidak terdeteksi, kosongkan nama sekolah kemudian cari nama sekolah di daftar sekolah menurut kabupaten)

  9. Klik tombol Cari


Untuk dapat mendownload data NUPTK yang tertera di daftar PTK sekolah, klik gambar Print yang ada disudut kanan atas layar
Data NUPTK

Saat hasil daftar PTK sekolah sudah muncul, perhatikan pojok kanan atas layar monitor Anda, disana akan ada gambar print (seperti gambar diatas) yang berfungsi sebagai tombol untuk mencetak data NUPTK yang tampil dilayar.

Berikut adalah NUPTK guru yang ada di MA NW Peseng, MTs NW Peseng, MTs Al-Jamil, MTs NW Bebuak dan SDN Repok Bijang.

Data ini sudah saya download 20 Nopember 2012 dalam bentuk excel. Silahkan di download di sini.

nuptk ma nw peseng

nuptk mts nw peseng

nuptk mts al jamil ok

MTs NW Bebuak

MTs NW Bebuak2

nuptk sdn repok bijang

Bagi Guru yang belum ada NUPTK pada daftar di atas. Anda bisa memintanya dengan menulis komentar di bawah ini. dengan mengisi identitasnya sebagai berikut. atau bisa melului alamat email kami : pkbmdaruttaklim@gmail.com

FORMAT PERMINTTAAN SEBAGAI BERIKUT:

Provinsi  :

Kabupaten/Kota :

Kecamatan :

Nama Sekolah :

Nama Guru :

Alamat Email  :

Bagi yang butuh intrumen NUPTK silahkan download di sini:

InstrumentPendataanPTK2009

PETUNJUK PENGISIAN INSTRUMEN PENDATAAN
read more

Selasa, 13 November 2012

Cara Mudah Mencari NRG

Bagi teman yang ingin mencara Nomor Registarsi Guru (NRG), berikut ini cara mendapatkan NRG (Nomor Registrasi Guru). Sebenarnya bukan cuma kita mendapatkan NRG (Nomor Registrasi Guru), tetapi kita akan mendapatkan (mencari) SK Tunjangan Profesi secara online. Secara mudah bapak/ibu dapat mencari apakah Nomore Registrasi Guru milik bapak/ibu sudah ada atau belum. Dan bagi yang sudah lulus sertifikasi dengan menerima sertifikat tenaga professional guru, dapat mendaptar dengan cara. :

  1. Masuk ke web khusus NRG dengan Klik di sini…!!
  2. Pilil provinsi
  3. Pilih Kabupaten
  4. Masukkan nama/NUPTK/NRG
  5. Klik search
  6. Kalau sudah ada, maka muncul nama bapak/ibu
  7. Kalau belum ada berarti masih dalam proses

http://rumpinnews.blogspot.com/2012/05/cara-mudah-mengetahui-nomor-registrasi.html

read more

Minggu, 11 November 2012

Nama-nama Anak Muslim

Nama-nama Anak Muslim


Memberi Nama kepada Anak-anak kita haruslah nama yang baik. Janganlah memberi nama yang tidak baik atau mungkin kita tidak mengerti arti dari nama yang telah kita berikan. Nama yang kita berikan akan selalu disebut oleh teman dan semua orang di sekeilingnya. Nama merupakan doa yang paling sering diucap.

Bagi Saudara-saudaraku, berikut ini adalah contoh nama-nama yang baik. Silahkan di download secara gratis. Semoga Bermanfaat. Amin

Link to Download:

Nama Islami Putera

Nama Islami putri
read more

Sabtu, 10 November 2012

Model-Model Pembelajaran

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN


 

Berikut adalah berbagai contoh model Pembelajaran Interaktif untuk semua jenjang pendidikan dan mata pelajaran. ini merupakan koleksi saya pribadi yang saya dapatkan dari berbagai sumber.

 

EXAMPLES NON EXAMPLES

CONTOH DAPAT DARI KASUS/GAMBAR YANG RELEVAN DENGAN KD

Langkah-langkah :

  1. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran

  2. Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP

  3. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar

  4. Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas

  5. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya

  6. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai

  7. Kesimpulan


PICTURE AND PICTURE

Langkah-langkah :

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai

  2. Menyajikan materi sebagai pengantar

  3. Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi

  4. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis

  5. Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut

  6. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai

  7. Kesimpulan/rangkuman


NUMBERED HEADS TOGETHER

(KEPALA BERNOMOR)

(SPENCER KAGAN, 1992)

Langkah-langkah :

  1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor

  2. Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya

  3. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya

  4. Guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka

  5. Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain

  6. Kesimpulan


COOPERATIVE SCRIPT

(DANSEREAU CS., 1985)

Skrip kooperatif : metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari

Langkah-langkah :

  1. Guru membagi siswa untuk berpasangan

  2. Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan

  3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar



  1. Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.


Sementara pendengar :

  • Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap

  • Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya



  1. Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.

  2. Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru Penutup


 

KEPALA BERNOMOR STRUKTUR

(MODIFIKASI DARI NUMBER HEADS)

Langkah-langkah :

  1. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor

  2. Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang berangkai


Misalnya :           siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor                                                dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan                                       hasil pekerjaan dan seterusnya

  1. Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka

  2. Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain

  3. Kesimpulan


 

STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)

TIM SISWA KELOMPOK PRESTASI
(SLAVIN, 1995)


Langkah-langkah :

  1. Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)

  2. Guru menyajikan pelajaran

  3. Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.

  4. Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu

  5. Memberi evaluasi

  6. Kesimpulan


 

JIGSAW (MODEL TIM AHLI)

(ARONSON, BLANEY, STEPHEN, SIKES, AND SNAPP, 1978)

Langkah-langkah :

  1. Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim

  2. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda

  3. Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan

  4. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka

  5. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh

  6. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi

  7. Guru memberi evaluasi

  8. Penutup


 

PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI)

(PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH)

Langkah-langkah :

  1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.

  2. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)

  3. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.

  4. Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya

  5. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan


 

ARTIKULASI

Langkah-langkah :

  1. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

  2. Guru menyajikan materi sebagaimana biasa

  3. Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang

  4. Suruhlan seorang dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya

  5. Suruh siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya

  6. Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa

  7. Kesimpulan/penutup


 

MIND MAPPING

Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban

Langkah-langkah :

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai

  2. Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban

  3. Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang

  4. Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi

  5. Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru

  6. Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru


MAKE - A MATCH

(MENCARI PASANGAN)
(Lorna Curran, 1994)


Langkah-langkah :

  1. Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban

  2. Setiap siswa mendapat satu buah kartu

  3. Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang

  4. Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)

  5. Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin

  6. Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya

  7. Demikian seterusnya

  8. Kesimpulan/penutup


 

THINK PAIR AND SHARE

(FRANK LYMAN, 1985)

Langkah-langkah :

  1. Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai

  2. Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru

  3. Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing

  4. Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya

  5. Berawal dari kegiatan tersebutmengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diuangkapkan para siswa

  6. Guru memberi kesimpulan

  7. Penutup


 

DEBATE

Langkah-langkah :

  1. Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yg lainnya kontra

  2. Guru memberikan tugas untuk membaca materiyang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas

  3. Setelah selesai membaca materi. Guru menunjuk salah satu anggotanya kelompok pro untuk berbicara saat itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.

  4. Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru menulis guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi

  5. Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap

  6. Dari data-data di papan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai


ROLE PLAYING

Langkah-langkah :

  1. Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan

  2. Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum kbm

  3. Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang

  4. Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai

  5. Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan

  6. Masing-masing siswa duduk di kelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati skenario yang sedang diperagakan

  7. Setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas

  8. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya

  9. Guru memberikan kesimpulan secara umum

  10. Evaluasi

  11. Penutup


 

GROUP INVESTIGATION

(SHARAN, 1992)

Langkah-langkah :

  1. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen

  2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok

  3. Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain

  4. Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan

  5. Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok

  6. Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan

  7. Evaluasi

  8. Penutup


 

TALKING STICK

Langkah-langkah :

  1. Guru menyiapkan sebuah tongkat

  2. Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangannya/paketnya

  3. Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya

  4. Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru

  5. Guru memberikan kesimpulan

  6. Evaluasi

  7. Penutup


 

BERTUKAR PASANGAN

Langkah-langkah :

  1. Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru biasa menunjukkan pasangannya atau siswa menunjukkan pasangannya

  2. Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya

  3. Setelah selesai setiap pasangan bergabungdengan satu pasangan yang lain

  4. Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan masing-masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka

  5. Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula


 

 

SNOWBALL THROWING

Langkah-langkah :

  1. Guru menyampaikan materi yang akan disajikan

  2. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi

  3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya

  4. Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok

  5. Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit

  6. Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian

  7. Evaluasi

  8. Penutup


 

STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING

Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta lainnya

Langkah-langkah :

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai

  2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi

  3. Memberikan kesempatan siswa/peserta untuk menjelaskan kepada peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainnya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya

  4. Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa

  5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu

  6. Penutup


 

COURSE REVIEW HORAY

Langkah-langkah :

  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai

  2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi

  3. Memberikan kesempatan siswa tanya jawab

  4. Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan seler masing-masing siswa

  5. Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (Ö) dan salan diisi tanda silang (x)

  6. Siswa yang sudah mendapat tanda Ö vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya

  7. Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh

  8. Penutup


 

 

 

 

 

 

DEMONSTRATION

(Khusus materi yang memerlukan peragaan atau percobaan misalnya Gussen)

Langkah-langkah :

  1. Guru menyampaikan TPK

  2. Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan dismpaikan

  3. Siapkan bahan atau alat yang diperlukan

  4. Menunjukan salah seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan

  5. Seluruh siswa memperhatikan demontrasi dan menganalisa

  6. Tiap siswa atau kelompok mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan

  7. Guru membuat kesimpulan


 

EXPLICIT INSTRUCTION

(PENGAJARAN LANGSUNG)

(ROSENSHINA & STEVENS, 1986)

Pembelajaran langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan proseduran dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan  dengan pola selangkah demi selangklah

Langkah-langkah :

  1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa

  2. Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan

  3. Membimbing pelatihan

  4. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik

  5. Memberikan kesempatan untuk latihan lanjutan


 

COOPERATIVE INTEGRATED READING

AND COMPOSITION (CIRC)

KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS

(STEVEN & SLAVIN, 1995)

Langkah-langkah :

  1. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen

  2. Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran

  3. Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas

  4. Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok

  5. Guru membuat kesimpulan bersama

  6. Penutup


INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE

(LINGKARAN KECIL-LINGKARAN BESAR)

OLEH SPENCER KAGAN

“Siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur”

Langkah-langkah :

  1. Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar

  2. Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam

  3. Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan

  4. Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam.

  5. Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya


 

TEBAK KATA

MEDIA :
* Buat kartu ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
* Buat kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi ataudiselipkan ditelinga.

  • Langkah-langkah :



  1. Jelaskan TPK atau materi ± 45 menit

  2. Suruhlah siswa berdiri didepan kelas dan berpasangan



  1. Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10x10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5x2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga.



  1. Sementara siswa membawa kartu 10x10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10x10 cm. jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.

  2. Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.

  3. Dan seterusnya


CONTOH KARTU

  • Perusahaan ini tanggung-jawabnya tidak terbatas

  • Dimiliki oleh 1 orang

  • Struktur organisasinya tidak resmi

  • Bila untung dimiliki,diambil sendiri


NAH … SIAPA … AKU ?

JAWABNYA :   PERUSAHAAN  PERSEORANGAN

 

CONCEPT SENTENCE

  • Langkah-langkah :



  1. Guru menyampaikan kompentensi yang ingin dicapai

  2. Guru menyajikan materi secukupnya

  3. Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen

  4. Menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan

  5. Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat

  6. Hasil diskusi kelompok. Didiskusikan lagi secara pleno yang dipandu Guru

  7. Kesimpulan


 

 

 

 

 

 

COMPLETE SENTENCE

Media : *    Siapkan blangko isian berupa paragraf             yang kalimatnya belum lengkap

  • Langkah-langkah :



  1. Guru menyampaikan yang ingin dicapai

  2. Menyampaikan materi secukupnya atau peserta disuruh membacakan buku atau model dengan waktu secukupnya

  3. Bentuk kelompok 2 atau 3 orang secara heterogen

  4. Bagikan lembar kerja berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap (lihat contoh)

  5. Peserta diharap berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia

  6. Bicarakan bersama-sama anggota kelompok

  7. Setelah jawaban benar yang salah diperbaiki. Tiap peserta disuruh membaca berulang-ulang sampai mengerti atau hapal

  8. Kesimpulan


 

TIME TOKEN

ARENDS 1998

Struktur yang dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghindari siswa mendominasi pembicaraan atau siswa diam sama sekali

  • Langkah-langkah :



  1. Kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning / CL)

  2. Tiap siswa diberi kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik. Tiap siswa diberi sejumlah nilai sesuai waktu keadaan

  3. Bila telah selesai bicara kopon yang dipegang siswa diserahkan. Setiap bebicara satu kupon

  4. Siswa yang telah habis kuponnya tak boleh bicara lagi. Yang masih pegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis

  5. Dan seterusnya


 

PAIR CHEKS

SPENCER KAGEN

1993

  • APA YANG DILAKUKAN?

  • BEKERJA BERPASANGAN


Bentuk tim dalam pasangan-pasangan dua siswa dalam pasangan itu mengerjakan soal yang pas sebab semua itu akan membantu melatih

  • PELATIH MENGECEK


Apabila patner benar pelatih memberi kupon

  • BERTUKAR PERAN


Seluruh patner bertukar peran dan mengurangi langkah 1 – 3

  • PASANGAN MENGECEK


Seluruh pasangan tim kembali bersama dan membandingkan jawaban

  • PENEGASAN GURU


Guru mengarahkan jawaban /ide sesuai konsep

KELILING KELOMPOK

Maksudnya agar masing-masing anggota kelompok mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota lainnya

Caranya………….?

1.   Salah satu siswa dalam masing-masing kelompok menilai dengan memberikan pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan

2.   Siswa berikutnya juga ikut memberikan kontribusinya

3.   Demikian seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan arah perputaran jarum jam atau dari kiri ke kanan

 

TARI BAMBU

Agar siswa saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dalam waktu singkat secara teratur strategi ini cocok untuk materi yang membutuhkan pertukaran pengalaman pikiran dan onformasi antar siswa

  • Caranya?



  1. Separuh kelas atau seperempat jika jumlah siswa terlalu banyak berdiri berjajar . Jika ada cukup ruang mereka bisa berjajar di depan kelas. Kemungkinan lain adalah siswa berjajar di sela-sela deretan bangku. Cara yang kedua ini akan memudahkan pembentukan kelompok karena diperlukan waktu relatif singkat.

  2. Separuh kelas lainnya berjajar dan menghadap jajaran yang pertama

  3. Dua siswa yang berpasangan dari kedua jajaran berbagi sinformasi.

  4. Kemudian satu atau dua siswa yang berdiri di ujung salah satu jajaran pindah ke ujung lainnya di jajarannya. Jajaran ini kemudian bergeser. Dengan cara ini masing-masing siswa mendapat pasangan yang baru untuk berbagi. Pergeseran bisa dilakukan terus sesuai dengan kebutuhan


 

DUA TINGGAL DUA TAMU

(TWO STAY TWO STRAY)

SPENCER KAGAN 1992

  • MEMBERI KESEMPATAN KEPADA KELOMPOK UNTUK MEMBAGIKAN HASIL DAN INFORMASI DENGAN KELOMPOK LAINNYA.
    Caranya :



  1. Siswa bekerja sama dalam kelompok berempat seperti biasa

  2. Setelah selesai, dua orang dari masing-masing bertamu kedua kelompok yang lain

  3. Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka

  4. Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain

  5. Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka

read more

Rabu, 07 November 2012

MTs Al-Jamil Perlu Direhab

MTs Al-Jamil Perlu Direhab



MTs Al-Jamil adalah sebuah Lembaga pendidikan formal di bawah naungan Yayasan Al-Jamil berdiri sejak tahun 2002. Madrasah ini terletak di sebuah dusun yang terpencil di bagian paling utara Kabupaten Lombok Tengah tepatnya Bare Eleh Desa Aik Bual Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah NTB.

Keadaan Madrasah ini sangat sederhana bangunan gedungnya pun dibangun seadanya maklum perekonomian pengurus lembaga dan masyarakat sekitarnya rata-rata berada dalam eknomi lemah. Bila musim hujan maka siswa-siswinya tidak bias belajar karena atapnya sudah bocor. Segala usaha untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah sudah dicoba baik melalui proposal maupun secara langsung namun sampai saat ini belum ada hasilnya.

Siswa-siswi Madrasah ini cukup banyak yaitu kelas satu berjumlah 42 orang kelas dua berjumlah 22 orang dan kelas tiga 40 orang jumlah keseluruhannya 104 orang. Dengan keadaan yang demikian membuat siswa harus duduk berjejalan di kelas karena ukuran kelasnya sangat kecil 6 x 6 m4. Selain itu juga siswa yang sekolah di sini pasti orang tuanya adalah keluarga meskin karena seandainya ada masyarakat yang agak berada pastiny ia menyekolahkannya ke sekolah-sekolah yang sudah maju. Jadi untuk memungut biaya untuk pembangunan maka pengurus yayasan berpikir lima kali bahkan bila seorang guru meminta siswa untuk membeli LKS ja sangat susah.

Dalam keadaan yang demikian Madrasah ini tidak bisa dipandang sebelah mata baik oleh pemerintah ataupun masyarakat karena sejak berdirinya madrasah ini sudah 7 kali meluluskan siswa siswa miskin maka seandainya madrasah ini tidak ada maka akan banyak anak-anak negeri ini yang sekolahnya hanya sampai SD saja. Pertanyaannya adalah kapankah mimpi pengurus yayasan, madrasah, guru dan semua siswa akan terwujud yakni punya gedung madrasah yang layak dan nyaman sehingga mereka tidak harus berlari ketika hujan datang.
read more

Sabtu, 03 November 2012

Pengobatan Gratis

POSKESMAS GRATIS ATAU SEKEDAR GRATIS


Hanya sebuah pengalaman pribadi


 

Hari Jumat Dua Puluh Enam Oktober Tahun 2012 pukul 22.00 WITA. Saat itu istriku meringis kesakitan karena sakit giginya kambuh lagi. Seperti biasa ketika giginya sakit istriku  mondar-mandir, keluar masuk kamar sambil nangis. Segera ia mencari obat sakit kepala dan gigi cap 19 namun sakitnya tak kunjung hilang. Hingga pagipun tiba.

Paginya mau pergi berobat ke POSKESMAS tapi libur pada hari Sabtu maklum sekarang kan yang berlaku adalah enam hari kerja, ya istriku terpaksa menahan sakitnya sampai hari Senin nanti. Untuk mengurangi rasa sakitnya aku pergi membeli Antalgin ke kios terdekat, tapi mungkin sakit giginya sudah amat parah Antalgin tidak ada gunanya. Malampun tiba kembali ini yang paling menakutkan istriku karena kalau malam rasa sakitnya samakin sakit. Ia ambil cap 19 agar ia bias tidur walau sejenak tapi cap 19 tak berhasil, ia coba menum Bodrex tak berhasil, padahal obat-obat itu tidak baik untuk ibu menyusui tapi apa bole kata karena udah terpojok ya semua dilanggar.

Singkat cerita. Hari Senin yang dinanti tiba, pagi-pagi istriku mandi dan bersiap. Akupun segera  bersiap seharusnya hari ini aku akan pergi ngajar tapi demi istriku aku ndak masuk ya kasihan juga udah beberapa hari kesakitan gara-gara gigi. Kira-kira Jam 08.00 kami berangkat bersama dua anak kami memakai motor kesayangan si Vario dan kami meutuskan untuk pergi ke Poskesmas Lombok Timur ya karena jaraknya lebih dekat walaupun tempat tinggal kami di Kecamatan Lombok tengah tapi di perbatasan Lombok Tengah dengan Lombok Timur. Sesampainya di sana langsung daftar dan langsung disuruh masuk ke ruang pelayanan Gigi. Aku menggendong si kecil di luar tapi selang beberapa menit istriku sudah keluar. Aku tanyak “kok cepat amat”, ya pengobatannya ndak lama Cuma disuruh berkumur pakai air dan langsung ditambal” jawab istriku. Aku heran karena biasanya prosesnya lumayan lama tapi kali ini kok cepat sekali. “berapa kamu bayar” tanyaku lagi, “ndak bayar apa-apa” jawab sitriku.

Di tengah jalan kami ngobrol ‘hebat ya Lombok Timur pengobatannya gratis’, kataku pada istriku ’ya gratis tapi pengobatannya sekedar dilayani ja” jawabnya. “bagaimana giginya sekarang?”,tanyaku,  “ndak da perubahan”,jawabnya,”mungkin belum karena obat yang dikasi kan belum diminum”, jawabku.

Mendengar kabar ada keluarga yang sedang di Off name di sebuah Klik tidak jauh dari Poskesmas kamipun singgah di sana. Semula mau lama-lama di sana tapi karena sakit gigi istriku semakin terasa sakit, kami segera pulang. Tiga hari sudah lewat obat yang dikasihpun sudah habis, tapi sakit gigi istriku tak kunjung sembuh. Akhirnya pada hari Kamisnya kami pergi ke Poskesmas Kopang. Sampai di sana langsung daftar, tapi petugas pelayanan pendaftaran bilang “maaf pak, semua petugas di Poskesmas ini pergi pesta, tapi kalau bapak mau nunggu silahkan ja, mungkin dokternya sebentar lagi kembali”,”ya sudah kami tunggu”. Kami pun bayar uang pendaftaran sebesar Rp. 8.500. Kurang lebih satu jam nunggu semua petugas kembali dan dilayani dengan baik. Istriku menceritakan dokternya bahwa sebelum ia sudah pergi  berobat tapi penyakitnya samakin sakit. Segera dokternya memeriksa giginya dan membuka penambalnya. Setelah pengobatan kami membayar Rp. 13.000

Sepulangnya dari Poskesmas Kopang istriku merasa lega karena sakit giginya sudah mulai hilang, untuk keberlangsungan pengobatan istriku untuk datang kembali pada hari Senin depan.
read more

Contoh Penelitian Tindakan Kelas (PTK) MI, SD, MTs, SMP, SMA dan MA

read more