Rabu, 31 Oktober 2012

Cara Setting Modem

Cara Setting Modem pada Kartu Telkomsel (AS / Simpati), XL, 3 (three), Axis, dan  IM3

Bagi temen-temen yang bingung cara setting modemnya ini saya share caranya. Mudah-mudahan ada manfaatnya. Karena saya juga pernah mengalaminya. Ni caranya:

Pada jendela menu, pilih Tools >> Option >> Profile Management >> New dan masukkan data settingan seperti berikut ini :

Profile Name           : TELKOMSEL

APN static               : internet

Access Number         : *99#

User Name : (Kosongkan Saja)
Password :  (Kosongkan Saja)

Setelah itu klik Save. Contoh settingan diatas adalah untuk Kartu Telkomsel (AS / Simpati) Flash Unlimited dan untuk settingan kartu – kartu operator yang lain anda tinggal merubah data di atas dengan dibawah ini :

- Setting Modem Vodafone  Untuk Kartu XL Unlimited :
Profile Name : XL (Bisa Yang lain karena hanya nama profile)
APN : Pilih Static dan isikan : internet
Access Number : *99#
User Name : (Kosongkan Saja)
Password :  (Kosongkan Saja)

- Setting Modem Vodafone Untuk Kartu 3 (three) :
Profile Name : 3data (Terserah anda)
APN : Pilih Dynamic
Access Number : *99#
User Name : 3data
Password : 3data

- Setting Modem Vodafone Untuk Kartu AXIS :
Profile Name : Axis
APN : Pilih Static dan isikan : axis
Access Number : *99#
User Name : (Kosongkan Saja)
Password : (Kosongkan Saja)

- Setting Modem Vodafone Untuk Kartu IM3 :
Profile Name : IM3
APN : Pilih Static dan isikan : www.indosat-m3.net
Access Number : *99#
User Name : (Kosongkan Saja)
Password : (Kosongkan Saja)

Kemudian kita setting 3G pada modem Vodafone / mobile partner tapi dengan sedikit catatan sinyal 3G sudah ada ditempat anda dan kartu yang anda gunakan sudah support 3G.
Baik dengan cara klik Network kemudian ubah Network Tipe menjadi WCDMA only lalu Apply seperti gambar di bawah ini : (tapi jika sinyal 3G tidak stabil ditempat anda sebaiknya pilih WCDMA Preferred)

Gambar Setting 3G pada Modem Vodafone Mobile Partner

Setelah itu pilih Registration Mode >> Manual Search and Register >> Refresh lalu pilih kartu yang anda pakai dan klik Register berikut tampilannya :

Gambar Setting Register 3G pada Modem Vodafone Mobile Partner

Setelah sukses Ok. Dan sekarang anda bisa mengkoneksikan modem anda dengan klik Connect pada jendela Connection
Good Luck !!! semoga tips Cara Setting 3G Modem Vodafone dengan Kartu Telkomsel, XL, 3, AXIS, IM3 diatas  bisa sedikit membantu anda.
read more

Kumpulan Hadits Tentang Pendidikan

Ini adalah Kumpulan Hadits-Hadits Tentang Pendidikan. Hadits-Hadits ini saya koleksi dari berbagai sumber sehingga terkumpulah 31 Hadits Tentang Pendidikan.

read more

Cara Mudah Membuat Read More pada Blog Wordpress

Cara Mudah membuat readmore pada wordpress.
Bagi temen-temen yang masih pemula dalam ngeblog kayak saya nih, tentunya membuat read more pada wordpress masih bingung. Tapi jangan hawatir ini saya sharing pengelaman saya. Setelah lama mencari di mbah google akhirnya saya ketemu juga caranya.

Ini Caranya:

Pada blog WordPress, cara menambah link read more ini ada dua cara, yaitu pada halaman pengeditan HTML atau Visual.



Untuk cara yang pertama, akan dibahas cara membuat link read more pada pengeditan visual.

  • Saat Anda menulis posting di dashboard blog wordpress Anda, letakkan kursor di tulisan yang mau Anda split. Dari gambar di bawah, saya lingkari merah paragraf postingan saya yang akan di-read more (di split).




  • Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, klik icon insert more tag yang saya kotaki merah, maka akan muncul garis-garis dengan ujungnya ada kata “more” (lihat yang saya lingkari merah pada gambar di bawah ini).




Setelah Anda klik icon read more tag tersebut, akan muncul garis tipis pembatas di tengah artikel posting yang ujungnya ada tulisan kecil “more”. Itu menandakan disitulah Anda memenggal artikel. Bagian atas yang terpajang pada Home, dan bagian akhir yang hanya bisa dibaca kalau mengklik link read more. Sangat mudah bukan?? ;-)

Cara kedua yaitu dengan mode pengeditan HTML. Cara ini hampir sama dengan cara pertama soal pemenggalan artikelnya.

  • Letakkan kursor di tulisan yang mau Anda split.




  • Cari kode html berikut . Klik button more yang saya lingkari merah di bawah ini. Maka akan tampil “” pada tempat kursor yg Anda letakkan tadi.




  • Untuk menambahkan kata letakkan kursor persis di depan kata more (jangan ada spasi).



  • Tambahkan kata sesuai selera Anda, misalnya keep reading…, lanjutkan membaca, dan lain-lain. Dalam contoh di bawah yang saya lingkari merah, saya menambahkan kata “Baca Selengkapnya…”




  • Klik Publish (bagi new post) atau update post (bagi postingan yang diedit).

read more

Minggu, 28 Oktober 2012

Photo Kegiatan Pembelajaran KF Tahun 2012

read more

RPP dan Silabus Berkarakter untuk MTs

contoh RPP Berkarakter Mapel Bahasa Inggris


Model  RPP ini saya dapatkan ketika saya PLPG di LPMP Mataram Tahun 2011.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama sekolah                      : MTs NW Peseng

Mata pelajaran                    : Bahasa Inggris

Kelas/semester                     : IX/2

Alokasi waktu                     : 50 Menit

A. Standar kompetensi       :

Membaca

11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

Berbicara

10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan  procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

B. Kompetensi Dasar

Membaca

11.2  Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esai sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive/procedure

Berbicara

10.2 Mengungkapkan makna dalam  monolog pendek sangat sederhana  dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure

C. Indikator                                         :

I. Kognitif

A. Produk

- Mampu menjodohkan teks dengan gambar dengan pasangan benar

- Mampu mendeskripsikan isi teks  dengan bahasa sendiri

- Mampu bertanya jawab tentang ciri-ciri fisik seseorang

B. Proses

- Mampu mengidentifikasi gambar yang dilihat dengan baik

- Mampu mengidentifikasi ciri-ciri fisik orang yang dilihat pada gambar

- Mampu mengekspresikan kalimat yang digunakan untuk mendeskripsikan ciri-ciri fisik seseorang

II. Affective (mengembasngkan perilaku sosial dan berkarakter)

o    Mampu mengekspresikan sikap atau perasaannya terhadap kejadian yang ada

o    Mampu memberikan respon terhadap ekspresi sikap dan perasaan seseorang

III. Psikomotor (penggunaan ICT)

Mampu mengunakan ICT sebagai sarana untuk:

-       mengemukakan/ melaporkan hasil kegiatan yang telah dilakukan  

D. Tujuan pembelajaran   :

I. Kognitif

a. Produk:

  • Diberikan teks yang mendeskripsikan tentang Ustd. Jefri Al-Bukhari (C), siswa  (A) mampu menceritakan kembali (B)  ciri-ciri fisik Ust. Jefri Al-Bukhari dengan baik dan benar (D)

  • Diberikan contoh dialog tentang ungkapan yang digunakan untuk mendeskripsikan ciri-ciri fisik seseorang siswa mampu menggunakannya dengan pasangannya dengan baik dan benar.


b. Proses:

  • Diberikan gambar dengan teks siswa mampu menjodohkannya dengan tepat.

  • Diberikan teks tentang Ust. Jefri Al-Bukhari, siswa mampu menyebutkan secara spesifik tentang ciri-ciri fisik gambar, termasuk asal dan pakaian  yang sering ia gunakan

  • Dipertunjukkan kalimat yang digunakan untuk mendeskripsikan ciri-ciri fisik seseorang siswa mampu mengucapkannya dengan baik


II. Affective (mengembasngkan perilaku sosial dan berkarakter)

  • Terlibat dalam keseluruhan proses belajar mengajar dan dengan diberikan sebuah cerita tentang chipmunk, siswa:




    • Mampu  mengambil nilai positif dari  kejadian yang dialami oleh tokoh cerita dengan

    • Mampu memberikan respon terhadap ekspresi sikap dan perasaan seseorang dengan sopan



III. Psikomotor (Penggunaan ICT)

  • Ditugaskan untuk menulis pada blog, siswa mampu menggunakan ICT sebagai sarana untuk


o  mengemukakan/ melaporkan hasil diskusi dengan baik

o  memberikan komentar dan respon terhadap tulisan sesorang dengan sopan

E. Materi pembelajaran     :

Deskriptive  text : Ust. Jefri Al-Bukhari

F. Model Pembelajaran      :

  • Model Pembelajaran          :  Cooperative learning

    • Pendekatan/Metode/Teknik Pembelajaran




o    Communicative  Approach

o    Matching sentences and pictures

o    Presentation

o    Role play

G. Langkah-langkah pembelajaran













TAHAPLANGKAH-LANGKAH/PROSEDURWAKTU
A. Kegiatan Pendahuluan

  • Guru menunjukkan berbagai gambar dan bertanya “How is she/he?. Tall or short, he’s got straight hair or curely hair. Long hair or short hair. He’s tall or short. Thin, or fat dll.

  • Guru menyampaikan bahwa mereka akan mempelajari tentang ciri-ciri seseorang


10 menit

B. Kegiatan Inti

  • Murid bekerja berpasangan. Tiap pasangan menjodohkan kata-kata dengan gambar

  • Periksa jawaban bersama-sama

  • Guru meminta perhatian pada gambar. Beritahu bahwa 2 gambar yang bersebelahan adalah antonim/lawan kata


Contoh  : curely hair >< straight hair

  • Informasikan kepada murid bahwa mereka akan membaca teks tentang Jefri Al-Bukhori.

  • Murid bekerja berpasangan untuk menjawab pertanyaan.

  • Periksa jawaban bersama

  • Pada kegiatan ini murid berlatih secara lisan untuk mendeskripsikan salah seorang artis yang terkenal.

  • Beri mereka contoh. Guru menggambarkan salah seorang yang ada di kelas dan mintalah pada murid untuk menebak siapa yang digambarkan

  • Murid bekerja berpsangan kembali. Beri mereka waktu untuk memikirkan siapa yang akan mereka gambarkan dan bagaimana mereka akan melakukannya.

  • Murid menggambarkan salah seorang artis dan temannya menabaknya.


5 menit

10 menit

20 menit

C. Kegiatan Penutup

  • Menanyakan kesulitan belajar siswa

  • Menyimpulkan kegiatan pembelajaran


5 menit

H. Sumber bahan/alat : Islamic resource pack

I . Penilaian

  1. Teknik                           : tes tulis, unjuk kerja

  2. Bentuk                           : esay, observasi

  3. Contoh instrumen       :


Who is Uje?

Mengetahui :                                                                                                                Peseng,...........................  2012

Kepala Sekolah                                                                                                              Guru Mata Pelajaran

   M. HANAFI                                                                                                                      ABDUL HANAN, S.S

NIP.

Silahkan download contoh RPP dan Silabus berkarakter yang lain

di sini

RPP kelas I deskriptif

RPP kelas I deskriptif2

RPP 1 narative MASTUR

Silabus kelas I deskriptif

Silabus kelas III narative

Silabus kelas III procedure
read more

contoh proposal mutu PKBM

Silahkan download contoh proposal mutu PKBM

di sini

proposal mutu PKBM
read more

proposal rintisan aksara kewirausahaan

Silahkan download contoh proposal rintisan aksara kewirausahaan

di sini

PROPOSAL RINTISAN AKSARA KEWIRAUSHAAN
read more

Proposal Taman Bacaan Masyarakat (TBM)

silahkan download file contoh proposal Taman Bacaan Masyarakat

di sini

PROP.TBM
read more

PKBM Daruttaklim Wajageseng Kopang Lombok Tengah

PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT

PKBM “DARUTTAKLIM”

Alamat : Bare Eleh Desa Wajageseng Kec. Kopang Lombok Tengah Hp. 081805246322



 

PKBM Daruttaklim adalah lembaga pendidikan nonformal dan informal yang berada di Dusun Bare Eleh Desa Wajageseng Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah. Desa Wajageseng adalah desa yang sangat terpencil, terletak di bagian paling utara dari Kecamatan Kabupaten Lombok Tengah.  Bagian uatara dari desa ini berbatasan dengan hutan lindung Gunung Renjani, bagian selatan berbatasan dengan desa Bebuak dan Lendang Ara, bagian timur berbatasan denggan Desa Jenggik Utara Kabupaten Lombok Timur, dan di bagian barat berbatasan dengan Desa Setiling. Kondisi jalan yang belum pernah mendapat pengaspalan membuat setiap jalan di desa ini semakin rusak dan menghambat pertumbuhan ekonomi.



Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Desa Wajageseng masih sangat rendah ini terbukti dari masih banyak warga masyarakat yang masih mengalami buta aksara. Tercatat sampai saat ini masih ada sekitar 1400 warga masyarakat yang masih mengalami buta aksara setelah itu pendidikan masyarakat adalah pendidikan SD. Rendah tingkat pendidikan masyarakat di desa ini menyebabkan rendahnya ekonomi masyarakat, sebagian besar dari penduduknya adalah pekerja buruh tani dan petani kecil, menjadi TKI atau TKW adalah alternative lain untuk membuat ekonominya semakin baik.


Dalam rangka muwujudkan tujuan Pendikan Nasional yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun manusia Indonesia seutuhnya khususnya di Desa Wajageseng, maka program pendidikan luar sekolah dan pendidikan formal memiliki peranan dan tanggung jawab yang sama,untuk itu pendidikan luar sekolah berupaya untuk melakukan kegiatan bimbingan, pengajaran dan pelatihan keterampilan terutama warga masyarakat miskin. PKBM merupakan bentuk pelayanan pendidikan luar sekolah untuk membelajarkan warga masyarakat yang belum terjangkau oleh pendidikan formal atau masyarakat yang putus sekolah formal dan ingin berpindah ke pindidikan non formal. PKBM Daruttaklim juga membimbing masyarakat yang  memiliki pendidikan rendah juga bagi penyandang buta aksara  agar memiliki kemampuan menulis, membaca, menghitung, dan menganalisa yang berorientasi pada kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan potensi yang ada dilingkungan sekitarnya.


PKBM Daruttaklim Bare Eleh berangkat dari  kepedulian akan tanggungjawab bahwa masa    depan bangsa ditentukan oleh kwalitas generasi muda saat ini maka kami mencoba merintis untuk membentuk wadah pedidikan non formal yang dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat walaupun dengan segala keterbatasan yang ada sehingga kami membangun sebuah PKBM Daruttaklim Bare Eleh. PKBM Daruttaklim ini berdiri sejak 1 Januari 2010 dan menempati tanah seluas 40 are, yang terletak di Dusun Bare eleh Desa Wajageseng Kec. Kopang Kabupaten LombokTengah.


Dengan segala keterbatasangnya Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Daruttaklim mengelola berbagai pendidikan non formal anatara lain:

·         Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)

·         PAUD

·         Pendidikan Keaksaraan

·         Kursus Komputer

·         Kursus Bahasa Inggris

·         Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan C

·         Taman Bacaan Masyarakat (TBM)




STRUKTUR ORGANISASI DAN URAIAN TUGAS PENGURUS




URAIAN TUGAS PENGURUS

PKBM DARUTTAKLIM



I. Pelindung Penasehat & Pembina



  • Memberikan masukan, saran, pendapat kepada penyelenggara

  • Memberikan kontribusi pemikiran

  • Memberikan motivasi kepada penyelenggara dan WB

  • Mendorong kemajuan pelaksanaan program yang efektif dan berkesinambungan



II. Pelaksana Program


1.      Ketua Lembaga

·         Mempersiapkan kerangka kerja program dan menjamin kemajuan program

·         Merencanakan, mengarahkan dan mengendalikan pelaksanaan dalam mencapai tujuan program

·         Mempertanggung jawabkan segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan


2.      Sekretaris

·         Membantu ketua mempersiapkan bahan-bahan kebijakan yang diperlukan oleh ketua

·         Mengelola administrasi organisasi secara sis\timatis dengan baik dan benar


3.      Bendahara

·         Membantu ketua dalam menata keuangan, penyimpanannya dan pertanggung jawaban

·         Menyelesaikan, menyalurkan administrasi keungan program


4.      Bidang-Bidang

·         Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program sesuai dengan bidang dan tugas masing-masing

·         Menyediakan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam melaksanakan program

·         Melaporkan kepada ketua secara kontinyu tentang pelaksanaan program baik factor pendukung maupun penghambat

·         Merekrut para tutor atau narasumeber teknis yang dibutuhkan

·         Mengelola administrasi masing-masing program sesuai dengan tugasnya

·         Melakukan rekaman proses dan publikasi sesuai dengan bidangnya

·         Melakukan pengendalian dan peningkatan manajemen program

·         Membantu ketua dalam menyusun laporan pertengahan dan akhir program sesuai dengan tugas dan bidangnya


read more

Rabu, 24 Oktober 2012

Cerita Anak Muslim

Koleksi Cerita Islami anak-anak muslim.

Download

kisah_awal_kenabian

Ukhdud_2

Kisah_Habil__Qabil
read more

kf di desa wajageseng

Pembelajaran Keaksaraan Fungsional


(KF) Dasar  di Desa Wajageseng



Pelaksanaan Pembelajaran Keaksaraan Fungsional (KF) Dasar di Desa Wajageseng pada tahun ini telah dilaksanakan dengan baik. Pada tahun ini PKBM daruttaklim selaku penyelenggara melaksanakan program tersebut di 18 Dusun, yaitu Dusun Pertanian, Talun Ambon, Bual, Rabuli, Nyeredep, Bare Eleh, Ramus, Ld. Pengkores, Ld. Telaga, Wajageseng, Lingkung, Sumbek, Peseng, Lk, Godak, Dasan Baru, Eyat Nyiur, Kwangrase, dan Repok Bijang.


Sementara di Desa Wajageseng  warga buta aksaran menurut catatan desa terdapat 1337 warga buta aksara. Pada tahun 2011 telah dibelajarkan oleh PKBM Daruttaklim   sebayank 520 orang atau 26 kelompok dan pada tahun 2012 ini yang dapat dibelajarkan sebanyak 680 orang atau 34 kelompok warga belajar. jadi sisa yang belum dibelejarkan sebanyak 137 orang, pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan model inova kreatif atau dengan model 32 hari pertemuan.


Antusiasme masyarakat dalam mengikuti program keaksaraan sangat baik, ini terbukti dengan kehadiran warga belajar yang rutin setiap hari. Walaupun banyak kendala yang dihadapi warga ketika mengikuti pembelajaran namun semua bisa teratasi, di antara kendala yang dihadapi warga adalah kesibukan setiap hari dalam mencari nafkah untuk keluarga. Kendala ini bisa teraatasi dengan memberikan keluasan bagi warga belajar untuk menentukan sendiri waktu belajar mereka.

PKBM Daruttaklim selaku penyelenggara program Keaksaraan Fungsional (KF) Dasar di Desa Wajageseng mengontrol dan meninjau secara langsung   kegiatan pembelajaran di semua kelompok  dan memberikan motivasi kepada semua tutor dan warga untuk mengikuti dan melaksanakan program keaksaraan dengan baik dan sungguh-sungguh.
read more